Wednesday, June 1, 2011

Contoh Makalah Mollusca

KATA PENGANTAR


Puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan hidayah-Nya kepada penulis sehingga penulis dapat menyelesaikan makalah yang berjudul “ Mollusca “ tepat pada waktunya. Makalah ini merupakan tugas mata kuliah “ Biologi Umum 1”. Makalah ini merupakan inovasi pembelajaran untuk mampu memahami penelitian secara mendalam. Semoga makalah ini dapat berguna untuk mahasiswa pada umumnya.

Ucapan terimakasih penulis sampaikan kepada :
1.    Bapak H. Hendriwan, Drs. M.M selaku dosen mata kuliah Biologi Umum I
2.    teman-tema yang telah membantu menyelesaikan makalah ini.

Penulis menyadari bahwa penysunan makalah ini masih jauh dari kesempurnaan. Oleh karena itu, penulis mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun dari para pembaca untuk perbaikan masa mendatang. Besar harapan penulis, semoga makalah ini dapat bermanfaat bagi penulis khususnya dan bagi pembaca pada umumnya.


Ciamis, Oktober 2010


Penulis

BAB I
PENDAHULUAN

1.1    Latar Belakang

Pada umumnya manusia bergantung pada lingkungan disekitarnya yaitu berupa sumber kehidupan yang dapat menunjang kehidupan sehari-hari,. Sumber daya alam yang utama adalah tanah, air dan udara.
    Banyaknya SDA yang ada di alam ini ternyata memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kehidupan manusia. Sehingga manusia itu sendiri diharapkan mampu mengolah SDA tersebut dengan baik dan berfungsi bagi kehidupan sehari-hari.

1.2 Perumuan Masalah
Berdasarkan latar belakang diatas, maka penulis dapat membuat beberapa perumusan makalah, diantaranya:
a.    Bagaimana struktur tanaman sirih?
b.    Seperti apa ciri-ciri tanaman sirih?
c.    Apa kegunaan dan manfaat daun sirih?


1.3. Tujuan

    Tujuan penulisan makalah ini adalah untuk apat mempeajari seperti aapa itu daun sirih dan beberapa fungsi dari daun sirih itu sendiri.

1.4 Metode Penulisan

Penulisan makalah ini menggunakan metode observasi, percobaan dan berdasarkan data-data buku dan internet.

BAB II
PEMBAHASAN

2.1 Ciri Morfologi

Sirih merupakan tanaman asli Indonesia yang tumbuh merambat atau bersandar pada batang pohon lain[1]. Sebagai budaya daun dan buahnya biasa dimakan dengan cara mengunyah bersama gambir, pinang dan kapur. Namun mengunyah sirih telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan pembentukan squamous cell carcinoma yang bersifat malignan.
Sirih digunakan sebagai tanaman obat (fitofarmaka); sangat berperan dalam kehidupan dan berbagai upacara adat rumpun Melayu.
Menurut Sudewo (2005) ciri dari tanaman yang termasuk dalam suku Araceae yaitu tumbuhan menjalar. Batangnya bulat berwarna hijau keunguan dan tidak berbunga. Daunnya bertangkai membentuk jantung dengan bagian atas meruncingm bertepi rata dan permukaan mengkilap/tidak berbulu. Panjang daunnya bisa mencapai 15-20 cm. Warna daun bagian atas hijau bercorak putih keabu-abuan. Bagian bawah daun berwarna merah hati cerah. Daunnya berlendir, berasa sangat pahit, dan beraroma wangi khas sirih. Batangnya berjalur dan beruas dengan jarak buku 5-10 cm. Disetiap buku bakal akar.
Menurut Syariefa (2006) sirih merah merupakan tanaman yang tumbuh merambat dan sosoknya mirip tanaman lada. Tinggi tanaman biasanya mencapai 10 m, tergantung pertumbuhan dan tempat merambatnya. Batang sirih berkayu lunak, beruas-ruas, beralur dan berwarna hijau keabu-abuan. Daun tunggal berbentuk seperti jantung hati, permukaan daun licin, bagian tepi rata dan pertulangannya menyirip. Bunga majemuk tersusun dalam bulir, merunduk dan panjangnya sekitar 5-15 cm.
Ciri-ciri batang, daun, dan bunga/buah
Tanaman merambat ini bisa mencapai tinggi 15 m. Batang sirih berwarna coklat kehijauan,berbentuk bulat, beruas dan merupakan tempat keluarnya akar. Daunnya yang tunggal berbentuk jantung, berujung runcing, tumbuh berselang-seling, bertangkai, dan mengeluarkan bau yang sedap bila diremas. Panjangnya sekitar 5 - 8 cm dan lebar 2 - 5 cm. Bunganya majemuk berbentuk bulir dan terdapat daun pelindung ± 1 mm berbentuk bulat panjang. Pada bulir jantan panjangnya sekitar 1,5 - 3 cm dan terdapat dua benang sari yang pendek sedang pada bulir betina panjangnya sekitar 1,5 - 6 cm dimana terdapat kepala putik tiga sampai lima buah berwarna putih dan hijau kekuningan. Buahnya buah buni berbentuk bulat berwarna hijau keabu-abuan. Akarnya tunggang, bulat dan berwarna coklat kekuningan.


senyawa fitokimia yang terkandung dalam daun sirih merah yakni alkoloid, saponin, tannin dan flavonoid. Sedangkan menurut Sudewo (2005) dari hasil kromotogam dapat dilihat bahwa daun sirih merah mengandung flavonoid, polifenolad, tannin dan minyak atsiri.

STRUKTUR TANAMAN SIRIH


2.2 Manfaat Daun Sirih
Daun sirih sangat terkenal karena khasiatnya yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit, yaitu dari mimisan (keluar darah dari hidung) sampai dengan diare dan sakit gigi

•    Mimisan
Ambil daun sirih satu lembar, gulung sambil di tekan agar keluar minyaknya lalu gunakan untuk menyumbat hidung yang mengeluarkan darah
•    Diare
Ambil 4 - 6 lembar daun sirih, 6 biji lada, 1 sendok makan minyak kelapa.
Tumbuk semua bahan bersama-sama sampai halus, lalu gosokkan pada bagian perut. Ulangi sampai sembuh
•    Sakit gigi
Pengobatan: Di kumur
1. daun sirih direbus dengan 2 gelas air sampai mendidih lalu dinginkan air rebusan tersebut.
Gunakan air rebusan untuk berkumur. Diulang secara teratur sampai sembuh.
2. Ambil 2 lembar daun sirih yang telah diremas, garam secukupnya.

Caranya, bahan tersebuh diseduh dengan air panas sebanyak 1 gelas, kemudian aduk sampai garam larut, biarkan sampai dingin. Air tersebut digunakan untuk berkumur.
•    Alergi
Pengobatan: luar, di oleskan pada bagian yang gatal
Bahan: 6 lembar daun sirih, 1 potong jahe kuning, 1,5 sendok minyak kayu putih.

Caranya, semua bahan tersebut ditumbuk bersama-sama hingga halus, kemudian digosokkan pada bagian badan yang gatal-gatal.
•    Bronkhitis
Ambil 7 lembar daun sirih dan 1 potong gula batu.

Caranya, daun sirih dirajang halus, kemudian direbus bersama gula batu dengan air 2 gelas sampai mendidih hingga tinggal 1 gelas, lalu disaring. Air rebusan diminum 3 kali sehari, masing-masing 3 sendok makan.
•    Keputihan
Ambil 7 - 10 lembar daun sirih.

Caranya, daun sirih direbus dengan 2,5 liter air sampai mendidih. Saat masih hangat, air rebusan daun sirih tersebut dipakai untuk membasuh dan membersihkan seputar kemaluan secara berulang-ulang.

Kegunaan :
Batuk
Sariawan
Bronchitis
Jerawat
Keputihan
Sakit gigi karena berlubang (daunnya)
Demam berdarah
Bau mulut
Haid tidak teratur
Asma
Radang tenggorokan (daun dan minyaknya)
Gusi bengkak (getahnya)
Pemakaian Luar
Eksim
Luka bakar
Koreng (pyodermi)
Kurap kaki
Bisul
Mimisan
Sakit mata
Perdarahan gusi
Mengurangi produksi ASI
Menghilangkan gatal
Keterangan
Biasanya untuk obat hidung berdarah, dipakai 2 lembar daun segar Piper betle, dicuci, digulung kemudian dimasukkan ke dalam Iubang hidung.
Namun daun sirih juga memiliki kekurangan apabila Mengunyah sirih terlalu banyak dan dalam rentan waktu yang lama telah dikaitkan dengan penyakit kanker mulut dan tenggorokan squamous cell carcinoma.

BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
   
    Bedasrakan pemaparan dan penguraian dalam pembahasan diatas dapat ditarik kesimpulan bahwa tanaman sirih memiliki beberapa banyak manfaat yang dapat dijadikan sebagai obat-obatan dalam kehidupan sehari-hari.

3.2 Saran
    Dalam pembuatan makalah ini penulis dapat memberikan saran yang dapat dijadikan masukan untuk penulisan makalah selanjutnya,  diantaranya:
1.    Harus dapat mengetahui fungsi dan kegunaan daun sirih
2.    Memahami fungsi alam yang telah memberikan banyak manfaat kepada kehidupan sehari-hari
3.    Sadar akan kewajiban terhadap alam


DAFTAR PUSTAKA

http://www.google.co.id/search?hl=id&biw=1024&bih=578&q=habitat+daun+sirih&aq=f&aqi=g1&aql=&oq=&gs_rfai=
http://www.klipingku.com/result-page/HABITAT DAUN SIRIH
http://id.wikipedia.org/wiki/Sirih
http://www.untukku.com/artikel-untukku/daun-sirih-untukku.html


MAKALAH
MANFAAT TANAMAN SRIH


Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Biologi Umum I



















DisusunOleh:

GESIT IDOLA KARTIKA
NIM: 2119100041
KELAS    : IF





PROGRAM STUDI PENDIDIKAN BIOLOGI
FAKULTAS KEGURUAN DAN ILMU PENDIDIKAN
UNIVERSITAS GALUH CIAMIS
2010

0 comments:

Post a Comment